Sebuah Upaya untuk Menggenggam Makna Ketakwaan dengan Kuat

Aku terus bertanya-tanya apa sesungguhnya makna takwa. Aku terus mencari dan terus mencari. Seringkali ketika aku mendapatkannya—makna ketakwaan yang sesuai untukku saat itu—aku kembali kehilangan, beberapa waktu kemudian. Meskipun manusia memang tempatnya salah dan lupa, namun beberapa hal tak boleh dilupakan, salah satunya adalah makna ketakwaan. Semua manusia di sisi Tuhan kedudukannya adalah sama, yang…

Menghibur Hati dan Jiwamu yang Lelah dalam 10 Menit Saja

Akan selalu ada kisah yang dapat diceritakan bagi seseorang yang terbiasa hidup dalam kenangan. Setiap lapisan ingatan memantulkan percikan sinar, lalu ketika sinar-sinar itu melambung tinggi dan kemudian meledak, ia pecah berkeping-keping dan berjatuhan seperti serpihan bola-bola kristal seukuran embun-embun bening di pagi hari. Kira-kira seperti itulah diriku ketika duduk menatap timur menyambut hari-hariku bersama…

Sebuah Jurnal: Maaf, Bu Tejo! Aku Gagal Menjadi Orang yang Solutif

She eyes me like a pisces when I am weak.I’ve been locked inside your heart-shaped box for weeks.I’ve been drawn into your magnetar pit trap. Vokal rendah dan beratnya Kurt Cobain itu bergema kemudian pelan-pelan memasuki ruang hampa dalam jiwaku. Vokal yang sangat powerful itu semakin menyentuh berkat sebuah intro dari melodi gitarnya; lembut dan…

Experience Sharing: Mengapa Kaki Saya Gatal-gatal Saat Lari?

Hampir sebulan sudah pagi hariku tak kuisi dengan jogging. Dan baru pagi tadi, rutinitas yang telah kujadikan standar minimal untuk menjaga kedisiplinan hidupku, dimulai lagi. Itu berarti satu hal; praktis selama hampir sebulan aku hidup di bawah standar minimal kedisiplinan yang telah kutetapkan sendiri atas hidupku. Pfffft begini kok masih mendambakan kesuksesan dalam hidup? Payah…

Liebster Award 2020: Thank You Tia, Ayu Frani & Arin

Sejujurnya aku tidak tahu bagaimana sejarah awal mula tulisan berantai yang bernama Liebster Award ini tercetuskan dan berkembang sampai hari ini. Soalnya aku rada males mau browsing, sih! Jadi kudet. However, bagaimanapun ceritanya, topik ini selalu menarik di setiap kesempatan ketika membacanya. Sehingga pada kesempatan yang baik ini aku ingin mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dari narablog…

Storial: Yang Terjadi Jika Media Player Virtual Diputar

Pada pagi hari ini aku terpikirkan oleh suatu pertanyaan yang seringkali bergema di kepalaku, karena pertanyaan ini bagaikan terekam dan telah diputar berulang-ulang oleh suatu media player virtual. Kamu bisa membayangkan ada suatu audio player di suatu tempat dan audio player itu dinyalakan oleh suatu kekuatan yang tersembunyi, yang kehadirannya dan kekuasaannya tidak bisa kau…

Storial: Pada Suatu Pagi

Pada suatu pagi aku terjebak pada kegelisahanku sendiri. Aku serasa mati kutu tak bisa menulis suatu cerita. Padahal apa sih yang menjadikannya begitu mendesak, untuk menulis cerita itu, sedemikian aku begitu gelisah dan putus asa untuk menuliskan suatu cerita? Aku pun tidak mengerti mengapa aku masih merasa harus memiliki impian untuk dapat menulis suatu cerita….

Jurnal Pagi: Aneh! Jutaan Orang Waras Tunduk Pada Segelintir Orang Gila

“Sebuah anomali yang dahsyat telah terjadi di era digital ini. Padahal era digital baru saja dimulai beberapa tahun belakangan ini, namun efek global yang terjadi begitu masif, seakan-akan meruntuhkan kebiasaan atau fenomena-fenomena lama yang sudah mengakar budaya. Bagi aku yang hidup di persimpangan zaman, antara zaman sebelum era digital dan zaman peralihannya, ketika zaman digital…

Jurnal Pagi: Bukan Sok Moralis

“Apakah cuma aku yang merasa…” adalah sebuah pertanyaan aneh yang di antara jawabannya, pasti ada yang menjawab ‘eh sama, aku juga ngerasa begitu’. Ya nggak? Apakah cuma aku yang merasa waktu terasa cepat banget berlalu? Perasaan baru kemarin aja bulan Maret atau Februari?—aku lupa—ketika lockdown dimulai, eh tahu-tahu sekarang sudah bulan Juni aja. Bener-bener dah…