Yang Harus Dilakukan Generasi Muda Hari Ini

Ketika melihat ideologi bangsa pada hari ini, saya jadi teringat dengan Kyai Hasim As’ari dan Kyai Wahab Hasbullah, beliau ikut serta mendirikan negara ini agar menjadi negara yang bisa menyatukan seluruh lapisan umat.

Akhirnya beliau merumuskan negara yang berideologi Pancasila yang terinspirasi dari Rosullullah ketika mendirikan kota Madinatun Nabawi dengan menyatukan seluruh umat melalui piagam pakta madinah.

Kiai Hasim Asy’ari dan Kiai Wahab Hasbullah tidak memilih Teokratis dan tidak pula memilih Negara Sekularis karena beliau memiliki visi, negara ini akan hancur jika memilih salah satu dari ideologi tersebut, akhirnya beliau merumuskan Bhineka Tunggal Ika.

Tetapi Sekarang? Negara ini seperti bukan negara Teokratis, juga bukan Negara Sekularis, tetapi malah negara yang bukan-bukan.

Tetapi apapun yang terjadi dengan bangsa dan negara hari ini, kita generasi muda sesungguhnya kekuatan yang akan terus mempertahankan negara ini. Tak peduli seberapa banyak senjata nuklir yang dimiliki, tak peduli seberapa banyak Sukhoi dan F-16 dan pesawat tempur lainnya yang dimiliki, kalau tidak ada generasi muda yang siap mempertahankan negara ini, negara ini akan hancur.

Dan sepantasnya generasi muda hari ini harus berjuang mengembalikan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai ideologi bangsa, seberapapun cidera yang telah dialami, sebarapun sakit yang telah diderita, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika harus kembali.

Kredit gambar untuk : mentoringku.files.wordpress.com
link disisni

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s