Makna Tahun Baru

fire-works
Source : Klik disini

Untuk seseorang yang bisa menciptakan atau menuliskan momen sendiri, tahun baru memang tak bermakna apa-apa. Tahun baru tidak begitu berbeda ataupun ada sesuatu yang istimewa, karena ia bisa melakukannya menuliskannya di hari-hari yang lain.

Namun seperti yang tertuliskan di dalam serat sastra jendra, segala sesuatunya mememiliki sisi lain. Tidak semua orang bisa menuliskan dan membuat untuknya sendiri sebuah momen. Ketika Malam tahun baru tiba, bagi mereka adalah sebuah momen yang luar biasa. Biarkan mereka menikmatinya, toh hidup ini apalah kalau tidak dinikmati.

Tidak perlu berpandangan negatif, atau menjadi paranoid. Daripada hanya sekedear mempertanyakan faedah, lebih baik merenungkan sebuah makna. Hidup ini tidak semudah itu kadang-kadang. Sebenarnya bukan tidak ada fedahnya, barangkali kita sendiri yang belum cukup mampu untuk mencapai ilmu tentang faedah itu. Bahkan seorang yang paling bijak sekalipun, mereka masih tidak mengerti keseluurhan tentang hidup ini.

Ada banyak hal yang kita tidak mengerti. Sehingga seolah-olah apa yang tidak sesuai dengan yang kita pikirkan lantas menjadi pertentangan dan dan kita akan menilainya salah… wajar. Namun kita harus sudah mulai belajar, bahwa pandangan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Karena seperti yang semua orang tahu, tidak ada kebenaran yang mutlak, kebenaran yang hakiki hanyak milik ilahi. Jika Soe Hok Gie yang mengatakannya , katanya “Kebenaran hanya ada di langit, selebihnya yang ada di dunia adalah palsu,” Namun saya mengatakannya, “Kebenaran itu ada untuk mereka yang mau mencarinya,” yaitu tidak dengan menyalahkan pandangan orang lain.

Nah malam tahun baru telah selesai, saya berharap momen itu tidak hanya seperti petasan yang meledak di seluruh penjuru langit bumi kita. Petasan-petasan itu meledak-ledak sedemikian riuh, gembira penuh semangat dan penuh insirasi  yang luar biasa, tetapi setelahnya kosong dan sunyi, tidak ada apa-apa. Tentu kita tidak berharap yang seperti itu, jadikan momen tahun baru ini sebagai sebuah tonggak untuk meraih hal yang lebih baik untuk esok dan kemudian hari.

Dan semoga resolusi-resolusi dan harapan semua orang tentang kebaikan negeri Indonesia ini terkabulkan. Dan semoga diberikan kebaikan pula untuk semua orang yang telah berdo’a untuk kebaikan, diri mereka sendiri, keluarga agama dan tanah air tercinta. Dan semoga yang belum berdo’a lekas berdo’a. Amiiiiiiiin.

Saya, Andy Riyan
Banyuwangi, 2 Februari 2016

Advertisements

One thought on “Makna Tahun Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s