Terimakasih Jerman!

Haloooo selamat pagi semuanya. Bagaimana kabar hari ini? Hari Minggu pertama di bulan Juli, hari ke-28 bulan Ramadahan yang penuh berkah untuk semua Muslims di dunia, hari yang menyenangkan bukan? Ku harap begitu.

Ijinkanlah saya untuk berbagi kebahagiaan di pagi yang cerah bermandi penuh dengan cahaya pagi ini. Kebahagiaan ini tentunya terlukis di langit yang sangat bersih sebab semalam hujan tumpah dan awan-awan sisa hari kemarin mengurai tak bersisa. Kebahagiaan itu menjadi lengkap setelah Jerman mengantar Italia mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga mereka. Terimakasih Jerman telah mengirim Antonio Conte kembali kepada kami lebih cepat, sehingga beliau segera bisa bekerja sama dengan klub yang kami cintai, Chelsea. Hehehehe.

hasil-euro-2016-tadi-malam-jerman-vs-italia-640x3601
Pict : sidomi

Jerman versus Italia… disini saya tidak akan membahas ulasan taktik maupun review pertandingan -di situs sebelah sudah bejibun banyak- melainkan disini saya ingin berbagi emosi saat menyaksikan pertandingan itu -via Tv tentunya-

Eiiits..!! Saya tidak menjagokan Jerman juga tidak menjagokan Italia dalam turnamen Euro 2016 yang di gelar di Perancis. Saya pendukung The Red Devils Belgia, dan parah sudah tersingkir kemarin sebab Marc Wilmots salah taktik.

90 menit pertandingan langsung di skip aja ya, begitu juga 15 menit kali 2 babak perpanjangan waktu juga di skip. Langsung pada pinaltinya aja. Hehehhe. Adu pinalti Jerman versus Italia sejauh ini merupakan adu pinalti yang paling menarik. Adu tos-tosan yang melibatkan hingga 20 pemain ini berjalan cukup seru.

Italia mendapatkan tendangan pertama. Lorenzo Insigne mengambil ancang-ancang ia menunggu wasit meniup peluitnya. Priiiit…!!! Insigne mengincar sudut kanan gawang menaklukan Manuel Nuer yang melompat ke kiri. Goal! Semua pendukung Italia bersorak. Kemudian Toni Kroos mengambil bola pertama untuk Jerman. Raut muka Kroos begitu tegang -mungkin karena lihat muka sangar si keeper gaek yang sudah malang melintang itu, Buffon. Priiiit…! Dengan sepakan yang sangat keras, kearah kiri, Buffon melompat dengan tangkas ke arah yang benar. Tapi sepakan Kroos berhasil melewati Buffon dengan sangat mulus.

Simone Zaza maju mengambil pinalti ke-dua untuk italia. Simone Zaza yang menggantikan Cheilini di menit ke 119 memang disiapkan Conte untuk adu pinalti. Simone Zaza bahkan belum menyentuh bola dan hanya berlari kurang dari 20 meter pada pertandingan itu (coba bandingakan dengan Ozil yang berlari sekitar 34 Km sepanjang pertandingan.) Bagaimana aksi Simone Zaza ini, saya sangat menantikannya. Ia menatap Manuel Nuer dengan tatapan yang sangar. Zaza mengambil ancang-ancang berlari di tempat, mengambil dua langkah dengan cepat dan menyepak bola dengan kaki kiri dan…. bola melambung ke atas terbang bersama kupu-kupu 😀 hahaha pendukung Italia kecewa. pendukung Jerman girang melompat-lompat.

Kesempatan yang sangat bagus bagi Thomas Müller untuk membawa Jerman unggul atas Italia. Semua orang tahu ia adalah Goal’s Grocer yang istimewa. Semua pendukung Jerman was-was, Pendukung Italia layak cemas. Müller mengambil bola tatapan matanya mengincar sudut kanan Gawang. Priiiit…!!! Müller dengan anggun menyepak si kulit bundar itu ke sisi kiri gawang, namun dengan tenang Gianluigi Buffon menipis bola. Sontak pendukung Italia berhamburan merayakan kegagalan itu :v

Penendang selanjutnya dari Italia Andrea Barzagli dengan mampu menaklukkan Manuel Nuer dengan sangat manis. Dalam situasi yang semakin panas dan gawat, Mesut Ozil maju untuk mengeksekusi pinalti. Semua orang tahu Ozil kidal, tendangan terbaik yang bisa di konversi menjadi goal adalah ke sisi kiri gawang. Priiiit…! Buffon melompat ke arah itu, tapi Ozil menendang bola kerah sebaliknya dan…. PAAAAAAANG!!! hahahaha bola mengenai tiang! saya kepingkal-pingkal saat itu, entahlah sesuatu menurutku lucu. Ozil sepertinya akan menjadi ‘komplonge’ biang kerok kekalahan Jerman. Dengan kesempatan yang sama dan jumlah tendangan yang sama Italia unggul 2-1 atas Jerman.

Sekarang adalah kesempatan Italia untuk menentukan takdir mereka dan keluar sebagai pemenang. Sebab jika Pelle berhasil menceploskan bola menjadi goal dan setelahnya Buffon bisa menghentikan tendangan Jerman berikutnya mereka akan keluar sebagai pemenang. Graziano Pellè mengambil bola tatapannya garang, bahkan ia sempat memprovokasi Manuel Nuer. Priiiiit… wasit meniup peluit…. dengan penuh percaya diri dan dingin Pelle menyepak bola ke sisi kiri, Manuel Nuer melompat kearah itu. Awas bolanya meleset dan lolos dari tangan Neuer! tapi bola melenceng terlalu jauh ke kiri. Hahahahah! Konyol ini adu pinalti yang paling konyol yang pernah saya lihat 😀

Sekarang adalah kesempatan Julian Draxler menyamakan kedudukan dan menyamakan peluang untuk keluar sebagai pemenang. Julian Draxler mengambil ancang-ancang mengincar sisi kanan gawang yang mampu di tebak Buffon tapi bola meluncur melewati Buffon. Selamt Draxler kamu memberi harapan untuk rakyat Jerman.

Giliran Leonardo Bonucci mengambil pinalti untuk Italia yang kedua kalinya dalam pertandingan itu (Badak babak kedua Leonardo Bunucci sukses menaklukkan Manuel Nuer dan menyamakan kedudukan menyusul pelanggaran Handball yang dilakukan Jerome Boateng di kotak pinalti.) Skor imbang, peluang sama besar, Bonucci tidak merasa tertekan, ia dengan santai mengeksekusi pinalti. Priiiiiit…!!! ia menendang ke arah kiri gawang! tapi kali ini Manuel Nuer dengan tangkas menepis bola dan memperbesar peluang Jerman, sebab Italia mengambil tendangan pertama.

Sang kapten Jerman, pemain yang kini merumput di Manchester United Sbastian Schweinsteiger mengambil pinalti ke-5 untuk Jerman. Jika ia bisa mencetak goal maka usailah drama itu. Ia akan membawa Jerman keluar menjadi pemenang. Ia akan menyudahi pertandingan dan akan di elu-elukan oleh rakyat Jerman sebagai sang penentu kemenangan. Ia menunduk takzim sebelum menendang bola. Semua orang tegang! Duuuuuk! Bastian melempar bola melambung diatas mistar gawang mengenai burung  yang sedang melintas!!! HAHAHAHAHAHAH pinalti ini bahkan lebih buruk dari tendangannya dulu di final Liga Champion 2012 di Alianz Arena.

Babak pinalti lanjut ke pinalti silver goal, dalam sekali sesi, jika tim bisa mengguli lawan maka mereka akan keluar sebagai pemenang.

Pemain-pemain Italia dan Jerman silih berganti mengambil pinalti Emanuele Giaccherini, Mats Hummels, Marco Parolo, Joshua Kimmich, Mattia De Sciglio, Jérôme Boateng mereka berhasil mencetak goal. Kemudian ketika eksekusi pinalti Matteo Darmian berhasil digagalkan oleh Manuel Neuer peluang menjadi timpang. Sekarang Jerman memiliki peluang keluar sebagai Juara lebih besar.

Si mungil Jonas Hector maju dengan memikul beban yang sangat berat, harapan seluruh pendukung Tim Nasional Jerman ada pada kakinya. Tatapannya nampak meragukan. Ketika wasit meniup peluit ia diam lebih lama sejenak lalu ia berlari kencang dan menyepak si kulit putih kearah kiri gawang. Hiaaaaa Buffon berhasil menebak arahnya, namu sayang…. bola deras meluncur menaklukkan sang Kapten Italia. Seketika lapangan pecah, para pendukung Jerman bersorak-sorai gemuruh di seluruh stadion, para staff dan pemain Jerman melompat lompat berpelukan. Selamat!!! Jerman keluar sebagai pemenang.

2012070230
pict: antara

Pada akhirnya sepak bola adalah olahraga yang paling murni memainkan kombinasi antara taktik, skills, kebugaran dan teamwork yang solid, meskipun begitu… kombinasi-kombinasi diatas menjadi tidak terlalu berpengaruh saat menghadapi adu pinalti. Adu pinalti seperti penghakiman buta. Tekanan mental dan keberuntungan memainkan peran yang paling menonjol. Adu pinalti merupakan penghakiman yang akan menghasilkan satu perasaan;terlalu sedih atau terlalu bahagia tidak bisa kedua-nya dan tidak bisa tidak kedua-duanya.

Sekali lagi terimakasih Jerman, telah mengantarkan Antonio Conte mudik lebaran kepada kami.

Saya Andy Riyan

Selamat Mudik!!! dan sampai jumpa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s