Mengisi Lembaran Kosong

Ketika kembali membaca jejak yang pernah kau tinggalkan, kau merasa ada sesuatu yang telah berubah.

Bukan sebuah kebetulan saya menulis kalimat tersebut sebagai subtitle dari blog ini. Saya mengalami banyak perjalanan untuk mendapatkan kalimat itu. Melakukannya terus berulang-ulang seperti kali ini, saya kembali membaca banyak draft, dari yang sudah di posting di blog sampai draft yang masih berantakan di nota-nota belanja. 😀

Nah! Sekarang ada banyak hal yang berkecamuk di otak ini dan saya tidak tahu bagaimana saya harus mengatakan itu semua.

“Apa yang harus ku lakukan?” itu kalimat pertama yang terlitas.

Akhirnya saya mulai bongkar satu persatu, membaca lagi tulisan-tulisan itu, mengingat-ingat apakah dulu pernah terpikir di benak saya untuk melakukan seperti yang sedang saya lakukan kali ini.

“Tulislah apa yang ada di dalam pikiranmu sekarang, tidak harus secepatnya berguna, namun suatu hari pasti akan berarti.”

Kalimat itu saya kutip dari Nazril Ilham. Dan kali ini tulisan-tulisan yang semula (dulu) tidak tahu akan saya apakan itu mulai saya rasakan menjadi sangat berarti. Saya bisa melihat seberapa berkembangnya saya saat ini. Meskipun itu sangat lambat, saya bersyukur setidaknya saya masih bisa terus berkembang. Tidak hanya itu saya mulai mengerti beberapa hal yang ikut mempengaruhi perjalanan hidup saya. Tak henti-hentinya saya bersyukur beberapa ‘galau’ itu membantu saya tumbuh dewasa dengan sangat baik. Dan soal galau itu akan saya ceritakan di postingan yang lain (lumayan kan? Dari galau bisa nambah satu alasan lagi untuk menulis.)

Setelah membaca tulisan-tulisan lama dan menemukan gaya baru dalam menulis, terbesit di benak saya untuk ‘me-rewrite’ —menulis ulang— ide-ide itu. Sambil terus menulis hal-hal yang baru dan mengisi beberapa lembaran kosong yang belum utuh saya menjadi punya banyak hal yang bisa saya lakukan.

Saya Andy Riyan, Tidak Akan Berhenti Menulis

Leave a Reply

