Tidur v 1 beradu (hor), bobok, mendengkur,
molor (cak); 2 rebah, terbaring;
ant terjaga

Kalau misalnya emak kamu marah-marah “Kamu! jadi anak seharian tidur terus gak pernah kerja, mau jadi apa kelak!” Udah jawab aja gini : “Mak! Menurut KBBI, tidur merupakan sebuah kata kerja, yang bersinonim dengan bobok dan berantonim dengan terjaga.” Di jamin kepala lo langsung dilempari piring dah! 😀

Terlepas dari kepala kamu masih aman dari lemparan emak atau bahkan berdarah-darah, tidur memiliki beberapa hikmah. Beberapa hikmah yang akan penulis sampaikan berikut ini, merupakan pengalaman penulis sendiri ketika penulis masih dalam tahap ndobos-ndobosnya dan dalam mode pencarian jati diri dengan berbekal ilmu filsafat :v

Jadi hikmah tidur menurut penulis itu ada empat

Tidur Adalah Sebagian Dari Iman

Wis dah! bid’ah banget ini! mana dalilnya? Sik-sik… perlu pembaca tahu si penulis ini agak-agak gendheng, jadi gak usah repot-repot ngejer dalil dari penulis, pasti penulis tidak bisa jawab. Tapi gini kalau tidak salah pernah ada hadis yang intinya seorang alim (berilmu dan mengamalkan ilmunya) yang sedang tidur lebih ditakuti oleh saithan dari pada seribu ahli ibadah namun bodoh (tidak berilmu). Tapi penulis beranggapan tidur adalah sebagian dari iman, bukan dari hadis tersebut melainkan tidur itu menjaga jiwa dari keruhnya dunia yang penuh dosa.

Maksudnya  daripada kamu bangun tidur terus melakukan maksiat, mendingan kamu tidur saja dan terbebas dari dunia yang banyak sekali potensi maksiatnya.

Bangun tidur kamu langsung buka media sosial yang isinya fitnah media (kan kamu cuma denger kata media, kamu gak mengetahui sesungguhnya yang terjadi, bukankah itu berpotensi fitnah?), kamu baca dan share itu fitnah, dosa enggak?

Baru bangun tidur, terus lari-lari pagi, lihat perempuan-perempuan berpakaian mini, terus mikir yang ngeres. Bangun tidur pergi kepasar, denger ibu-ibu gosip ikutan gosip. Dan banyak lagi yang lainnya.

Tidur Adalah Sebagian Dari Kerja Keras

Kok bisa? kerjaannya tidur kan gampang tingal rebahan, mana kerja kerasnya? maksudnya begini, kita kerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Perlu diingat manusia mempunyai limit kekuatan dan stamina. Sesehat-sehatnya manusia, manusia perlu istirahat. Jadi setelah bekerja antara 8 sampai 10 mjam sehari tubuh kita perlu beristirahat untuk mengembalikan kebugaran.

Itung-itungan sederhana saja, misalnya sebuah pekerjaan bisa diselesaikan dalam 5 kali 24 jam, apakah orang itu akan mampu menyeselesaikan dalam 5 hari? Hitungan sederhana dia mentok bertahan selama 3 hari dan pekerjaan itu nyaris tidak akan selesai karena sakit atau bahkan mati. Namun jika pekerjaan itu diselesaikan dengan cukup waktu istirahat dan memulihkan tenaga atau pikiran, hitungan sederhana pekerjaan itu bisa diselesaikan dalam waktu 10 kali 12 jam dengan potensi tubuh tetap dalam keadaan prima. Jadi hikmah tidur salah satunya adalah menjaga kesehatan fisik. Fisik sehat berimplikasi dapat bekerja dengan sangat keras.

Tidur Adalah Sebagian Dari Keindahan

Ya tidak salah lagi, bagi sebagian orang (mungkin hanya penulis sendiri) ketika kamu tidur kamu bisa bermimpi tentang hal-hal indah yang tidak bisa dicapai oleh akal manusia.

Pembaca pasti pernah merasakan mimpi yang luar biasa di dunia-dunia yang tak pernah pembaca lihat sebelumnya. Misalnya pergi ke sebuah desa yang sunyi dan tak berpenghuni, gelap dan dingin. Atau pergi ke sebuah taman yang penuh dengan rerumputan hijau dan basah, matahari bersinar cerah dan kupu-kupu terbang menari-nari.

Kalau penulis pernah bermimpi bermain sepakbola bersama Chelsea, menjadi gelandang disamping Frank Lampard dan mecetak 10 goal ke gawang Barcelona yang dikawal Victor Valdes. Atau penulis pernah merasakan dengan jatung yang berdebar-debar ketika berdiri disuatu pauncak yang tinggi, melihat hamparan lautan hijau yang teramat luas dan tiba-tiba jatuh, pas bangun keringat bercucuran. Dan lain-lain.

Tidur Adalah Sebagian Dari Cinta

Iki opo meneh! Sebenarnya ini bisa masuk kategori yang ketiga, tapi penulis sengaja membuat kategori sendiri biar menjadi empat, agar cocok sama judulnya. Jadi bagaimana tidur adalah sebagian dari cinta. Yaitu ketika kamu rindu dengan seseorang yang kamu cintai, dalam tidur kamu bertemu dengannya kemudian hatimu menjadi lega. Ya terkadang tidur bisa melegakan rindu. Eitsss jangan baper.

Sekian 4 hikmah tidur dari saya, beneran keren kan hikmah-hikmah tidur itu. makanya jangan anggap tidur itu sebuah hal yang remeh. Kan tidak mungkin banget KBBI menulis tidur sebagai sebuah kata kerja tanpa alasan. Nah gimana pembaca setuju atau enggak atau ada tambahan? silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar yang telah di sediakan oleh WordPress tercintah kita!


Note : Photo yang jadi feature pict adalah dokumen pribadi ketika penulis terkapar di stasiun Purwosari setelah menggelandang (pengalaman hidup menjadi gelandangan) tidak jelas bersama dua teman lainnya.
Advertisements

12 thoughts on “4 Hikmah Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s