Tentang Keindahan Dan Perjuangan

img_0724-copy

Untuk mendapatkan keindahan memang perlu perjuangan. Seperti untuk mendapatkan foto ini, temanku–Risna–sampai harus bersusah payah menggondol tripod melewati tanjakan-tanjankan terjal, hutan yang dingin dan medan-berbatu yang licin.

Beratnya tripod itu memang tidak ada 2 kg. Namun, menggondol barang yang panjang terbuat dari logam dan hampir tidak berguna–selain hanya untuk foto ini–melewati gunung-gunung berebatu dan licin… semua itu terdengar seperti perjuangan yang absurd. Kok mau-maunya!!

Selalu sebanding dengan usahanya, dengan perjuangan yang absurd itu, kami berhasil mengabadikan momen luarbiasa yang nyaris tidak mungkin akan di dapatkan di waktu yang lain. Sebab, saat itu Risna–photographer relawan–belum sehandal sekarang, hasil jepretannya masih jelek-jelek. Bisa dibayangkan, pengambilan foto itu dibantu dengan tripod sialan dan telah menghabiskan waktu yang tidak sebentar di bawah gerimis di tengah gunung Merapi di ketinggian sekitar 2000 MDPL. DINGIN! BASAH! GELISAH!

Dalam dingin, basah dan gelisah itu, kami benar-benar menikmati pemandangan malam Kota Boyolali. Sebuah pengalaman yang luarbiasa yang seandainya tidak ada foto ini, pengalaman bersama anu dan ehem itu  telah terlupakan oleh badai yang sebentar lagi menghempas perkemahan kami selama lebih kurang 5 jam.

Melihat photo ini… sejujurnya dari sudut pandang artistik tidaklah begitu indah ataupun menawan. Tetapi dari sudut pandang kami, photo ini sangat luarbiasa. Semula aku pribadi bertanya-tanya? Darimana luarbiasa yang aku rasakan itu? Kami pun menemukan jawabannya, PERJUANGAN.

Padahal itu hanya tentang foto, sebuah analogi yang sangat sederhana untuk membandingkan dengan perjuangan-perjuangan yang lainnya. BERHENTILAH BERJUANG MAKA KEINDAHAN DALAM HIDUPMU AKAN MENGHILANG! YA SESEDERHANA ITU!

*Catatan Pena Andy Riyan

Advertisements

2 thoughts on “Tentang Keindahan Dan Perjuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s