Kurangi Lukaku

Yang aku katakan kemarin; untuk ku yang sedang berjalan menjemput gelap, masih adakah pintu kembali ke jalan cahaya? Bila masih ada, bawalah aku ke sana. Rinduku adalah pada setitik embun dan hangatnya mentari. Rinduku adalah pada cahaya pagi yang berikan terang di bukit tinggi nan sunyi. Sebab, bila aku tetap di sini, ingatan tentang semua keindahan dunia yang bergelimang cahaya itu akan pudar; ingatan tentang saat-saata aku setia melangkah bersama cahaya, berjalan dengan gagah raih cerianya semesta. Ingatan itu akan pudar bila aku tetap di sini, tetap dalam kegelapan.

“Kau telah melihatku terpuruk. Sekarang lihatlah kebangkitanku.”

Jreeng!

Dawai-dawai gitar pada akord A minor aku getarkan. Sejenak aku terhenti dalam menggumam. Teringat derita lama yang buat aku jatuh dan terbangunkan, teringat akan keringat-keringat tak ramah dunia-dunia.

Jreeng! Tek! Jreeng!

Dawai-dawai gitar pada akord G major aku bunyikan. Aku teringat jalan kepastian yang harus ku tempuh. Berhenti mengeluh. Berhenti bersenandung duka. Berdiri dan hadapi dunia.

Jreng je jreeng je jreng je je jreng!

Dawai-dawai pada gitar menemukan kunci chromatic; C major, F major dan A major ku hajar dalam tempo cepat. Terkurung sepi! Tegar berdiri; kuat melangkah. Pantang menyerah. Pantang kalah berpikir dan terus berpetualang. Sadar akan otak yang masih teramat picik. Berpetualang mendaki gunung menuruni lembah. Berpetualang sampai menemukan arti sejati sebuah kehidupan, arti sejati akal yang ideal. Terus berpetualang terbang dan berlari tuk kurangi luka ini.

Andy Riyan; Februari 2017

Advertisements

2 thoughts on “Kurangi Lukaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s