Hal-hal Sederhana Yang Bisa Dilakukan Utuk Merefresh Pikiran

Membicarakan tentang hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk kembali menyegarkan otak tentu sangat relatif, berbeda-beda untuk setiap orang. Mood booster, begitu orang-orang biasanya menyebutnya. Mood booster sendiri secara sederhana bisa dimakanai sebagai dorongan untuk meningkatkan mood. Jadi apa relasinya atara mood booster dengan mind re-refresh? Yak betul! Seperti yang pembaca duga, ketika mood baik otak pun maksimal dan pikiran bisa bekerja dengan sangat baik.

Tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merefresh pikiran salah satunya adalah dengan jalan-jalan, piknik, travelling dan sebagainya. Namun ketika di momen libur lebaran seperti ini, ketika semua orang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata yang menyebabkan jalan-jalan menjadi macet, bukannya pikiran jadi fresh tapi malah jadi tambah stress. Lagi pula liburan ke tempat-tempat seperti itu makan banyak biaya juga, ya gak? Alternatif lainnya yang bisa dilakukan penulis untuk refreshing tentu membaca banyak buku lebih-lebih buku yang masih baru —cukup tau aja penulis sedang menghabiskan The Fall-nya Albert Camus, dan apa cuma perasaan penulis aja, kalau buku itu sangat sulit untuk dipahami seperti hati perempuan eaaaa *curhat–. Namun, itu bukan hal sederhana. Membaca buku bukanlah hal sederhana untuk penulis. Nah pengen tahu hal-hal sederhana yang biasa dilakukan penulis untuk merefresh pikiran? Langsung saja berikut ini…

1. Membakar Sampah

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sumber gambar di sini

Membakar sampah adalah salah satu hal yang sederhana yang biasanya penulis lakukan untuk merefresh kembali pikiran. Biasanya aktivitas ini dilakuakan 3 hari sekali. Tentu mengherankan bagaimana hal sesederhana ini bisa menyegarkan kembali pikiran. Bagi penulis, membakar sampah itu bagaikan membakar kerumitan yang tengah berseliweran di kepala.

Ketika melihat api yang berkobar di antara tumpukan plastik, ada sebuah sugesti yang terkirim ke dalam pikiran penulis, seolah semua hal buruk itu harus hancur lebur bersama api yang tengah menyala-nyala. Dan ketika mendengar bunyi-bunyi retakan kayu-kayu kering dan ranting-ranting halus… krak-krak-krak… seoalah-olah pikiran-pikiran yang buntu dan tumpul ikut retak dan mengeluarkan imajinasi yang aneh. Dan asap putih yang membumbung membentuk gumpalan-gumpalan inspirasi dan mengisi kekosongan. Dan hal terbesar dari kegiatan membakar sampah ini adalah membuat tempat-tempat menjadi bersih termasuk pikiran kotor pun menjadi bersih. Dan momen yang paling penulis sukai ketika membakar sampah adalah ketenangan yang sangat ajaib, bebas dari segala penat lahir dan batin.

2. Menyiram Tanaman

96d5qwdb1u
Picture Source klik

Menyirami tumbuhan-tumbuhan yang penulis tanam di pekarangan rumah merupakan hal sederhana yang bisa membuat kembali pikiran penulis menjadi fresh. Kegiatan ini biasa penulis lakukan setiap pagi ketika matahari terbit dan setiap sore setelah Ashar.

 

Meskipun tidak banyak tanaman yang tumbuh di sana –hanya belasan jenis tanaman yang tumbuh di sepanjang petak buatan sepanjang 3 meter di depan rumah— telah mampu membuat halaman rumah tidak sepi-sepi amat. Dan menyiraminya adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan; air segar yang memancar dari sprayer tampak seperti hujan deras membuat hijau daun-daun melambai-lambai gemulai memanjakan mata penulis. Kemudian melihat dedaunan basah itu menjadi gemerlap memantulkan cahaya menimbulkan sensasi dingin nan aduhai… sebenarnya sulit dijelaskan dengan kata-kata. Pada intinya pemandangan yang segar itu ikut membuat pikiran penulis menjadi sangat segar dan itu cukup untuk mengembalikan semangat. Tapi itu bukannya pagi hari? Masa sepagi itu sudah bad mood? Ah maksudnya pemandangan itu membuat penulis sangat bersemangat, tapi benar menyirami taman di sore harinya benar-benar mengembalikan energi yang terkuras sepanjang siang.

3. Mencuci Piring dan Pakaian

Masak masak sendiri, nyuci baju pun sendiri… single mah gitu wkwkwk!

4-tips-merawat-piranti-rumah-sesuai-bahan-dengan-sabun-pencuci-piring
Sumber gambar dari situs ini

Walau tidak setiap hari, mood booster ini ini cukup sering penulis lakukan. Entah bagaimana hal ini bekerja, yang jelas ketika penulis sedang sumpeg dan jenuh, penulis sering pergi ke dapur… niatnya sih cari pelampiasan dan kadang pas aja nemu piring kotor yang numpuk. Sambil siul-siul penulis cuci tuh piring… sepuluh menit, lima belas menit penulis biasanya sudah kembali santai. Entah siul-siulnya atau sambil menyanyinya yang jadi mood booster, tapi jelas itu adalah kegiatan yang bisa membuat penulis relax. Dan penulis memutuskan kegiatan membersihkan hal kotor itu baik dan menenangkan pikiran sebab hal yang sama juga berlaku ketika mencuci pakaian. Seolah noda-noda yang rumit dan kejenuhan yang akut ikut terbasuh dan terbuang ke saluran air dan pergi jauh ke tempat antah berantah setelah melewati kedung biru di timur.

 

Nah itu hal-hal sederhana yang bisa menyegarkan kembali pikiran. Dan yang paling mendasar kegiatan itu meski tidak dimaksudkan untuk benar-benar menyegarkan kembali pikiran tetapi jelas itu sangat ampuh. Dan yang terpenting itu adalah kegiatan yang sangat positif. Nah kalau menurut pembaca sendiri apa sih hal sederhana yang bisa menyegarkan kembali pikiran… makan coklat? Es krim? Atau apa ya? Boleh dong di tambahkan di kolom komentar sebagai referensi pembaca-pembaca yang lain.

Sekian semoga bermanfaat dan HAPPY EID MUBAROK 1438 H

(C) Andy Riyan
June, 28th 2017

Featured Picture from Google!

Advertisements

Author: jejakandi

Mencoba mengolah rasa dan kata agar bermakna

5 thoughts on “Hal-hal Sederhana Yang Bisa Dilakukan Utuk Merefresh Pikiran”

    1. Terima kasih mbak. Sejauh ini belum pernah ada yang complaint, dan menurut perasaanku tidak mengganggu karena kami hidup di desa, di tempat yang cukup lapang dan banyak pepohonan jadi asap bisa langsung membumbung ke angkasa dan hilang dibawa angin di ganti udara segar yang menghembus dari pepohonan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s