Liebster Award 2020: Thank You Tia, Ayu Frani & Arin

Sejujurnya aku tidak tahu bagaimana sejarah awal mula tulisan berantai yang bernama Liebster Award ini tercetuskan dan berkembang sampai hari ini. Soalnya aku rada males mau browsing, sih! Jadi kudet. However, bagaimanapun ceritanya, topik ini selalu menarik di setiap kesempatan ketika membacanya. Sehingga pada kesempatan yang baik ini aku ingin mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan dari narablog yang telah menominasikan diriku untuk melanjutkan tradisi hebat dan terkenal dalam dunia per-blogging-an di WordPress ini.

Sebelum melanjutkan cerita, ijinkan aku untuk sekadar flashback dan mengenang beberapa hal yang menarik dari Liebster Award yang pernah ku alami.

Pertama kali aku mendapat nominasi untuk melanjutkan tulisan yang dikirim dari blogger ke blogger seperti ini dari Grant Gloria kemudian mendapatkannya lagi dari Nadia Isralina. Nominasi pertama yang aku dapatkan dari Grant Gloria sialnya gagal ku-estafet-kan. Titahnya untuk menominasikan kepada blogger lain berhenti di aku. Entah apa yang kupikirkan saat itu, bahkan aku tidak mencoba melaksanakan tugas yang gampang itu, menominasikan 11 blogger untuk melanjutkan penghargaan ini. Jawaban Liebster Award dari Grant yang kuberi judul Sunshine Blogger Award: Dua Puluh Dua Pertanyaan bisa temen-temen baca di sini.

Kemudian yang kedua dari Nadia. Lagi-lagi aku gagal menyelesaikan tugas dengan baik. Kali ini aku berusaha menulis dengan lebih baik, yaitu menjadikan setiap pertanyaan yang diberikan menjadi serial. Tetapi yang terjadi… ya begitulah. Kalau sudah berhadapan dengan yang namanya tulisan bersambung, sepertinya aku mengalami suatu masalah yang serius, berkali-kali gagal mencapai final. Bosan di tengah jalan lah atau tiba-tiba stuck gitu saja. Tetapi bagian utama dari Liebster Award : You Left A Footprint, You Lift Your Own History yang yang ditulis untuk menanggapi award dari Nadia sudah aku tulis kok, temen-temen bisa membacanya di sini. Leibster Award memang selalu menarik, Amigos. Dan aku jadi teringat dosa karena unfinshed writing-ku yang satu ini. Hehehe Maaf ya, Nad. Gak bisa menyelesaikannya.

Buat temen-temen yang ingin menyimak award-award keren itu bisa klik tautan-tautan ini:
Dari Tia: https://elephantte.wordpress.com/2019/01/21/sunshine-blogger-award/
Dari Mbak Ayu Frani: https://mariafraniayu.com/2020/05/04/saya-mendapat-award-thanks-bang-ical/
Dan dari Arin: https://heyrissaid.wordpress.com/2020/05/05/discover-new-blogs-liebster-award/

Nah sekarang kita telah sampai pada cerita utama. Liebster Award kali ini sangat spesial. Aku akan menggabung tiga award sekaligus dalam satu tulisan dan enggak bersambung lagi, dah kapok lah. Cukup tahu aja, award ini sudah kutulis lama sekali tetapi aku lupa kenapa belum menaikkan post ini ke jejakandi ya? Apakah waktu memang belum memihakku? Mungkin ya mungkin tidak. Oh ya seperti yang kubilang, aku akan menggabung tiga award dalam satu tulisan. Nominasi-nominasinya kudapatkan dari Tia, dulu sekali dan pada kesempatan kali ini aku baru bisa menjawabnya. Kemudian dari Mbak Ayu Frani dan yang terakhir dari Rissaid. Jadi total akan ada 33 pertanyaan. Jadi siapkan cemilan dan duduklah dengan nyaman. Bacalah tulisan ini ketika kau lelah ahahaha.

Kepada Tia, Mbak Ayu dan Arin, kuhaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kehormatan dan nominasi dari Liebster Award ini. Mudah-mudahan pesan-pesan yang ingin kalian sampaikan menuju bermanfaat bagi banyak orang. Amin.

Oh ya sebelum melangkah ke bagian utama makan dulu cemilannya dan simak beberapa peraturan pada Liebster Award ini:

  1. Ucapkan terima kasih pada bloger yang menominasikan Anda.
  2. Bagikanlah 11 fakta tentang dirimu & pajang 3 link ke artikel blogmu.
  3. Jawablah 11 pertanyaan yang diajukan (para) narablog kepadamu.
  4. Nominasikan 11 narablog dan bikin mereka senang!
  5. Buatlah 11 pertanyaan untuk dijawab oleh para nominator.
  6. Beritahukan 11 nominatormu.

Peraturan nomor dua suda terlaksanakan, melangkah ke peraturan berikutnya, mari:

Sebelas Fakta tentang jejakandi alias Andy Riyan:

  1. Pernah telat ikut ujian nasional mata pelajaran Bahasa Inggris gara-gara nonton Live Performance Kotak Band yang tayang di acara TV pagi-pagi. Ya telat gara-gara tak ingin melewatkan penampilan Chua dan Tantri. Oh gobloknya… sampai di kelas ujian listening sudah di mulai;
  2. Meskipun jejakandi adalah fan Chelsea, klub pertama yang menjadi idolanya adalah AS Roma, berkat iL Capitano yang gondrong itu, Francesco Totti;
  3. Pernah juara III pidato Bahasa Jawa tingkat kelurahan. Hahaha baik. Tidak membanggakan memang, tapi itu kan sebuah fakta;
  4. Pertama kali menamatkan novel di usia 8 tahun. Novel itu berjudul Bocah Patriot;
  5. Pertama kali jatuh cinta di kelas 2 SD gara-gara pertanyaan iseng ibuku. Dan baru sadar kalau aku jatuh cinta dengan orang yang sama ketika kelas 5;
  6. Pertama kali ditembak oleh cewek ketika kelas 2 SMP. Ditembak di depan temen-temen sekelas. Tetapi anehnya malah aku yang malu;

    Apa lagi ya? Yungalah cuma bikin 11 fakta tentang diri sendiri, kenapa sesusah ini ya. Teng teng teng teng teng… Nobody said it was easy… No one ever said it would be this hard -_-
  7. Pertama kali kenal WordPress dari seorang guru TIK ketika kelas 1 SMA;
  8. Gallery photo-photo seorang Chelsea Olivia Wijaya adalah konten pertamaku ketika dulu pertama kali bikin blog; :v
  9. Buku pertama yang kubeli ketika aku kuliah di Jogja adalah bukunya Tere Liye yang berjudul Daun Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Setelah membaca satu atau dua halaman, buku itu langsung ku kasih ke seseorang yang membuatku membeli buku ini. Membeli buku demi pdkt dengan seseorang—yang spesial—benar-benar bukan alasan yang bagus; Marmos!!!
  10. Ada banyak jenis kopi yang pernah aku minum. Tetapi Dark Roast kopi Robusta adalah favoritku;
  11. Pernah mandi sekolam dengan sapi ketika KKN di Gunung Kidul. Asli rek… rasanya wrwrwrwrwr!

Nah itu tadi sebelas fakta tentang jejakandi yang tidak anyak orang ketahui, cuma di sini fakta-fakta itu diceritakan. Bisakah ini jadi konten eksklusif? Ha ha ha sebelum lanjut simak dulu tulisan-tulisan pilihan saya di tautan berikut ini:

Detak Jiwa Ku Mencarimu
Hujan Dan Segala Rasanya
Satu Jiwa

Nah sekarang mari kita mulai menyimak jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh para nominator.

Dalam tulisan ini aku akan menjawab pertanyaan dari nomor ke nomor. Kode A dari Mbak Ayu, R dari Rissaid atau Arin dan T dari Tia.

No. 1

A: Jika kamu adalah Bill Gates dengan segudang kemampuannya, apa yang akan kamu lakukan untuk menangani pandemik covid-19 saat ini?

Aku tidak tahu apakah seorang Bill Gates sekalipun bisa mengatasi pandemik ini, itu satu. Yang kedua, membayangkan menjadi seorang Bill Gates saja aku tak mampu. Tetapi jika Bill Gates itu aku, mungkin yang akan ku(Bill Gates)lakukan adalah melakukan operasi pasar. Ketika harga masker melangit. Dia akan membeli masker itu dan akan menggratiskannya. Ketika di mana-mana terjadi kekurangan pasokan makanan, maka semua makanan di seluruh dunia yang dijual dengan harga tidak wajar akan dia beli dan ia gratiskan. Para penjual alat-alat rapid test, swab test dan PRC test akan ia bom karena menjual barang-barangnya kelewat mahal.

R: Buku apa yang ingin kamu rekomendasikan?

Ini pertanyaanya gak jelas sih. 😀 rekomendasi untuk apa? Untuk dibaca atau tidak dibaca? Atau rekomendasi untuk dibakar atau dibuang? Ha ha ha. Baiklah aku kira aku memahami maksud si penanya. Untuk Arin sih, aku merekomendasikannya untuk membaca Tafsir Al Misbah, 😀 dan untuk Mis Amigos yang kebetulan mampir dan membaca tulisan ini, buku yang kurekomendasikan untuk dibaca To Kill a Mockingbird karya Harper Lee dan Kiai Hologram-nya Emha Ainun Nadjib;

T: What is going on right now in your life?

I am stuck with idea about how life got to be. It’s so very desperateful. You can’t ignore what you can not see, but you can do nothing to deal with it from time to time.

No.2

A: Bagaimana pandanganmu tentang ‘kesetiaan’ ?

Jika kesetiaan memang bisa dilukiskan dengan bahasa kata-kata, maka aku sedang mencari tahu apa itu kesetiaan. Yang jelas kesetiaan bukanlah fanatisme buta. Tidak begitu banyak yang kupahami, atau sebetulnya saya sendiri belum begitu memahami bagaiama cara pandangku terhadap kesetiaan dan maknanya.

R: Ini blog pertama? atau yang ke berapa?

jejakandi bukan blog pertamaku. Ini blog keempat yang kuingat. Kalau dengan yang tidak kuingat, entahlah ini blog yang ke-berapa, 8 mungkin 😀

T: Whats bothering you right now in your life?

Voices from another world. The unreal one but it echoes in my head tirelessly.

No.3

A: Jika kamu adalah Aladdin, dan kamu mendapatkan kesempatan untuk meminta tiga buah permintaan pada Jin lampu. Apakah tiga permintaan tersebut dan berikan alasannya mengapa kamu memilih tiga permintaan tersebut?

1) Pindahkan Perpusnas dan perpustakan-perpustakaan yang memiliki koleksi buku hebat ke halaman rumahku biar aku bisa mengunjunginya setiap hari dan memilih yang mana pun yang ingin kubaca. 2) Setelah perpusnas dan perpustakaan itu ada di halaman rumahku, aku akan meminta dia untuk menghentikan waktu sampai aku selesai membaca semua buku itu. 3) Selama aku membaca buku aku akan memintanya selalu ada pasokan makanan dan minuman, agar aku tidak kelaparan dan tidak mati sampai aku selesai membaca semua buku itu.

R: Boleh sebutkan seorang bloger yang entah kenapa begitu berkesan sampai sekarang?

Gak boleh. Ha ha ha

T: If you can freeze the time what will you do to make you happy?

Unfreeze the time, of course. I love the idea that life is full of surprise, that’s why I need time going on and on.

No.4

A: Ketika hidup rasanya tidak bergairah lagi, semangat hidup menurun dan harapan rasanya sangat jauh dari gapaian. Pada siapakah kamu berlari, berlindung dan mencari nasihat?

Tentu saja yang pertama kepada diriku sendiri, kemudian melemparkan seribu satu pertanyaan dan mencari lebih banyak jawaban, yang tentu saja di dunia ini, ada lebih banyak pertanyaan dari pada jawabannya. Dan karena aku percya kepada Tuhan, maka aku serahkan diriku sendiri kepada-Nya setelah semua rangkaian jawaban itu.

R: Satu blog yang sangat ingin kamu rekomendasikan sebagai bacaan?

Blog atau website-nya Cak Nun, nih klik di caknun.com

T: Using one sentence, what will you say to your younger self?

Don’t be afraid, everyone do a mistake and you can learn from it.

No.5

A: Apakah arti kegagalan bagimu? Pada titik manakah kamu akan berkata bahwa ‘aku sukses’?

Sepertinya kita pernah berdiskusi tentang persoalan ini, biar kusalin komentarku pada obrolan yang pernah kita lakukan; “Saya menyikapi kegagalan? Kegagalan bukanlah kesuksesan yang tertunda. Kegagalan adalah kebodohan yang terpelihara. Betapa bodohnya Pampam dan Samson gagal maning gagal maning… ia bodoh karena terus menerus gagal. Saya benci membuat suatu excuse bahwa suatu kegagalan bisa diterima. Saya benci melihat kegagalan diperlakukan dengan lunak. Gagal ya gagal… terima atau tidak terima kegagalan ya gagal. Lalu kenapa? Bagiku kegagalan adalah soal momentum. Ia sedang apes saja. Boleh jadi saya gagal menang dalam pertandingan sepak bola. Iya saya kalah… tapi itu kan pertandingan cuma 90 menit. Kalau dilanjutkan belum tentu kalah. Kegagalan hanya terjadi pada mereka yang terikat ruang dan waktu. Terikat dengan momentum. Mereka yang pernah gagal harusnya perlu bersyukur lebih-lebih mereka yang berhasil… bersyukur memiliki sesuatu yang diperjuangkan dalam hidup ini.”

R: Satu channel youtube yang akan kamu rekomendasikan?

Kenapa satu? Ah baiklah satu aja, jangan protes tapi ya kenapa aku milih dia bukan milih kamu… :v :v aku milih Soleh Solihun Interview he he he

T: What is the thing you always want to do but too scared?

The thing that I do not want to do. It’s very complicated indeed, to say no is not easy as people said in some campaign.

No. 6

A: Apakah tindakan/action terakhir yang membuatmu sangat menyesal melakukannya?

Sejak aku berkomitmen pada diriku sendiri bahwa “Aku tidak melakukan hal yang akan aku sesali.” Aku tidak ingat apa yang terakhir kusesali atau apa yang pernah kusesali. Mungkin aku menyesali dosa-dosaku, tetapi ayolah kita tidak sedang berbicara tentang dosa karena kita tidak punya kapasitas untuk itu.

 R: Boleh tahu kutipan favorit kamu?

Wah ini susah woi! “Membaca adalah kegiatan yang lebih intelek daripada menulis.” ~ Jorge Luis Borges. “Buku yang sempurna adalah buku yang tidak pernah ditulis.” ~ Aku tidak tahu siapa yang mengatakannya, aku menemukan kutipan itu di seri Buku Tempo. Ada lagi, “Istirahatkan dirimu dari mengurusi duniamu. Urusan yang telah diatur Allah tak perlu kau sibuk ikut campur.” ~ Ibn Atha`illah al-Iskandari. Satu lagi; dan ini yang terbaik yang pernah ada, “Senja yang sama adalah luka yang sama.” ~ Andy Riyan ha ha ha.

T: What is your favorite music album?

I have so many favourites music album. But of course I will mention Pearl Jam’s fisrt album; “Ten”. It’s such a powerful music and has very good score in every aspect of musical.

No.7

A: Ceritakan satu pengalaman paling berkesan yang tidak bisa kamu lupakan sampai sekarang, dan bagaimana pengalaman ini dapat mempengaruhimu hidupmu sekarang?

Ayah membelikan aku sepeda, ketika aku hanya menonton dan berlari-lari mengikuti teman sepermainanku yang mengendarai sepedanya sendiri dan tidak mau bergantian denganku. Jelas itu mempengaruhi hidupku; aku dibesarkan dari sebuah keluarga yang begitu lembut dan perasa. Keterbukaan pikiran dan logika mendominasi pendidikanku sejak kecil. Hal ini tentu saja membuatku melihat dunia dengan cara berbeda; aku tidak bisa membayangkan bagaimana ada orang tua dan keluarga yang bisa begitu kasar dengan anaknya. Aku tidak bisa hidup dengan cara seperti itu, mendengar ceritanya saja aku perih, apalagi memandangnya.

R: Hal atau nasihat yang bakal kamu kasih ke diri sendiri?

“Wis ta lah!”

T: What is your favorite book?

It’s not easy to mention one or five. I tend to mention no one, because I love every book that made me enjoying my life in those time I read.

No.8

A: Bagaimana sikapmu berhadapan dengan orang-orang yang tidak sependapat denganmu?

Biasa aja. Mungkin aku cuek. Karena aku sadar dan memang suka dengan orang-orang yang tidak sependapat, karena bagiku itu akan membuat dialektika menjadi bergairah.

R: Boleh dong minta alasan untuk hidup versi kamu, please?

Untuk membaca buku sebanyak-banyaknya! He he he

T: What is your favorite movie?

Lord of The Ring. It’s quite only trivia. No more confused to only choose the adaptation from J.R.R Tolkien’s masterpiece as the best movie ever I have been watched.

No.9

A: Hal apakah yang paling kamu banggakan dalam hidupmu?

Kejujuran, kesetiakawanan dan keingintahuanku.

R: Tips me time ala kamu apa?

Jogging dong! Temen-temen bisa baca alasan dan penjelasannya di blog ini di serial Jurnal Pagi.

T: What makes you feel alive?

Love and beloved by myself.

No.10

A: Ketika kau tiada nanti, apa yang kau inginkan dapat terus dikenang oleh orang-orang yang mengenalmu?

Jujur saja memikirkan kematian sendiri itu lebih berat dari pada memikirkan akan melakukan apa. Setelah aku tiada, aku ingin orang mengingat bahwa aku pernah hidup dengan ketulusan. Bahwa apa yang aku lakukan kepada mereka, apa pun itu, hal hal yang tak terjelaskan, yang tak terpahamai dan tak masuk di akal adalah semata-mata karena aku mencintai mereka.

R: Mie Instan favorit yang cocok banget buat direkomendasikan versi kamu!

Mie Sedap Kari Ayam!!!

T: Have you ever done something you think you cant do? What?

I always believe for what I can do and capable of to do. So if I can do something, before it’s happen I have thought I can do it. That happen quite often is when I face many thing that I think I can, but in the end I can’t do it instead of sort it out.

No. 11

A: Jika hari ini adalah hari terakhirmu di dunia, apa saja yang akan kau lakukan untuk mengisi detik-detiknya?

Aku akan mengunjungi orang-orang yang kusayangi dan mengatakan kepada mereka bahwa aku mencintai dan menyayangi mereka serta tentu saja meminta maaf dan mengucapkan selamat tinggal.

R: Hari ini udah tersenyum? apasih!

Lho Arin kok offside! Tapi kujawab aja deh! Ketika kamu menyapa pagi ini, aku tersenyum. Hayooooooo mau apa lu, Agus!! 😀

T: If you die, what do you want your legacy to be?

Honestly thinking about death itself is harder than thinking about what I want to do in order to give legacy for another. After I’m gone, I want people to remember that I once lived with sincerity. That what I do to them, whatever it is, the inexplicable, incomprehensible and absurd thing is simply because I love them. May be the sincerity that I want people to learn, not from me but from everyone who has achieved it in the top of eveything.

11 Nominasi

Nah sekarang sampai pada bagian 11 narablog yang aku nominasikan. Sebelumnya aku desclaimer dulu ya, nara blog yang pernah menominasikan aku, tidak akan aku nominasi balik. Biar estafetnya tetep jalan. Kemudian ada banyak blogger bagus tetapi karena sepertinya tidak ikut menulis hal-hal macam kayak gini (tulisan mereka selalu satu tema) jadi tidak aku nominasikan. Jadi blogger keren seperti Grant, Nadia Irsalina, Tia, Mbak Ayu Frani dan Arin tidak masuk nominasi padahal tulisan mereka bagus-bagus. Silakan temen-temen mengunjungi mereka ya. Lalu sampailah kita pada bagian sebelas Narablog yang aku nominasikan untuk mendapatkan Award ini:

1. Mira – Celestilalaland
2. Melati Alya – Coffe Lady
3. Cerita Nina – https://ceritanina.home.blog/
4. Arya Ilham –https://ilhamaryasusanto.wordpress.com/
5. Deyo Heroekadeyo – https://deyoo1011.com/
6. Annisa Maudy – https://maudymharani.wordpress.com/
7.  Anisaa19 – https://anisaa19.wordpress.com/
8. Nomina – https://nomiasite.home.blog/
9. Dian Purnama – https://ceritadianpur.wordpress.com/
10. YSalma – https://ysalma.com/
11. Farida Far away – https://farbehindthestars.wordpress.com/

Buat temen-temen yang tidak masuk nominasi tetapi mau ikut seru-seruan menulis awaed silakan komentar saja ya, nanti aku editin dan kumasukkan di daftar tambahan.

Dan berikut ini adalah sebelas pertanyaan yang kuajukan untuk para nominator dan semua pembaca yang ingin ikut bergabung buat rame-rame:

  1. Jika kamu ingin menulis/membuat sesuatu yang ingin kamu tulis dan kamu lakukan, apa halangan terbesar yang mungkin menghambatmu untuk mewujudkannya?
  2. Bagaimana pendapatmu tentang kualitas pendidikan bangsa kita hari ini?
  3. Banyak orang yang bertanya kepadamu, “Jika kamu bisa menghentikan waktu…”. Pertanyaanku adalah sebaliknya: Jika waktu tak pernah berhenti dan akhirnya kamu abadi, kira-kira apa yang sedang kamu kerjakan untuk mengisi hari-harimu sedemikian sehingga kamu terus dapat menikmati seluruh waktu dalam keabadian itu?

    Oke aku juga bosen dengan pertanyaan-pertanyaan model seperti 3 pertanyaanku sebelumnya. ganti aja ah dengan model pertanyaan yang tak usah pakai kening berkerut.
  4. Berapa usiamu sekarang? Pada ‘rentang’ usia berapakah kamu merasa paling bahagia, apa yang terjadi saat itu?
  5. Apakah kamu setuju dengan kalimat ini, “Semua orang pernah jatuh cinta.”? Jika setuju berapa kali kamu pernah jatuh cinta dan berapa kali pula di antara jatuh cintamu itu  yang terbalas?
  6. Sekarang ini ada banyak platform media sosial, coba sebutkan media sosial yang paling kamu sukai dan yang paling tidak kamu dan apa alasannya. (Oke ini bukan pertanyaan, tapi perintah menjawab hahaha)
  7. Pepatah mengatakan, “Waktu adalah uang.” Menurutmu apa itu artinya?
  8. Kamu memilih Macintosh, Linux atau Windows? Kenapa?
  9. Apa inisial orang yang paling tidak kamu sukai? Ahahahaha
  10. Apa merek deodorant favoritmu dan sejak kapan kamu memakainya? :v
  11. Apa pertanyaan yang paling menyebalkan yang pernah diajukan kepada kamu? :v

Sekian terima kasih sudah membaca, saya Andy Riyan dari Desa Hujan. :v

6 Comments Add yours

  1. Rissaid says:

    Harus dapat rekor muri buat menjawab sekaligus 33 pertanyaan nih haha

    Like

    1. jejakandi says:

      Ahahaha yuk panggilkan Pak Jaya Suprana 😀 😀

      Like

  2. celestilla says:

    Atidak. Aku dapat lagi, padahal sudah bikin. Aku sunting saja Liebster Award-ku nanti, deh wqwqwq.

    Like

    1. jejakandi says:

      Ahahai, sudah kubaca. Keren dan sungguh eksplosif penuh energi. Salut! *hormat!

      Like

  3. T says:

    haven’t opened my blog in a loooong time (almost embarrassing :D). So nice that your post is the first one I read :D. once again i always like the way you think and also amazed I have ever asked things like this to other but not with myself :’D

    Liked by 1 person

    1. jejakandi says:

      Welcome back Tia, in this wild and crazy world. 😁

      Thank you for your appreciation, Tia. Heuheuheu

      Like

Katakan sesuatu/ Say something

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.