Aku dan Miyamoto Musashi

Setiap peristiwa yang kamu alami harus memberi ilmu dan hikmah kepadamu. Kalau tidak, sia-sia saja kamu menjalaninya. Terlanjur stres, terlanjur pusing tetapi tidak mendapatkan apa-apa. Muspro! Setiap kali aku memosisikan diri bersiap untuk belajar dari peristiwa yang kualami, dari kejadian sehari-hari, dari realita dan fenomena yang terjadi di sekitar, aku selalu ingat dengan seorang Ronin dari…

Tak Pernah Kehabisan Ironi

Dunia ini sudah benar-benar gila kali ya. Kenapa jadi terbolak balik dan menyebalkan begini? Sungguh sangat menyebalkan! Orang yang paling menyebalkan adalah mereka yang membuat kita menunggu padahal mereka (orang yang kita tunggu) adalah yang paling membutuhkan kita, yang membuat janji, mengundang, meminta dilayani, meminta pertolongan dengan wajah paling memelas. Sungguh aku tak pernah kehabisan…

Ide Itu Hanyalah Ilusi Jika…

Catatan Harian Andy Riyan, Desa Hujan, 12 Juni 2021 Menulis bagiku selain masuk dalam kategori ranah kerja intelektual, juga bisa dimasukkan dalam ranah kerja psikologis. Menulis seringkali telah membuktikan begitu ampuh untuk menjadi sebuah start, awalan, dari berbagai proyek dan renungan. Senyum mengembang, pagi ini, seiring dengan mentari yang menyembul di atas cakrawala dari balik…

Surat Untuk Sahabat: “A Letter From Me to Me 10 Years From Now

Ha ha ha! Halo, Bro. Apa kabar? Ha ha ha! Maafkan aku yang tiba-tiba menyapamu dengan tawa. Tapi jika kamu ingat hari ini (10 tahun yang lalu) kamu pasti maklum, karena memang kita, entah sudah berlalu sejak berapa lama, selalu suka begini; suka menertawakan diri sendiri. Kuharap kamu di sana masih suka tertawa dan menertawakan…

Mengapa Menulis Dibandingkan dengan Media Ekspresi Lainnya?

Mengapa menulis dibanding media ekspresi lainnya? Itu adalah pertanyaan yang cukup menarik yang diajukan oleh seorang komentator pada postingan yang berjudul Tanpa Sekat Tanpa Pembatas di jejakandi ini; Nita. Kurasa ini adalah komentar pertamanya di sini. Silakan Amigos bisa mampir di blognya Nita, di sini https://jnynita.com/ Sebagaimana telah kujawab di sana, bahwa menulis adalah media…

Tanpa Sekat Tanpa Pembatas

Untuk sementara ini, biarkan aku meninggalkan catatan tentang mural yang sedang viral. Mural yang sedang viral sekarang ini merupakan sebuah meme yang berhasil menarik pelatuk kekacauan yang tengah dialami pemerintahan sekarang. Pada diri manusia Indonesia sesungguhnya sudah tersimpan meme bahwa pemerintahan yang sekarang kerjanya sedang kurang beres, sehingga penghapusan mural yang tampaknya sederhana malahan menjadi…

Meme, Bukan Sekedar Cuplikan Film yang Dimodifikasi dengan Kata-kata Lucu!

Sepertinya, aku, nggak butuh-butuh amat dengan medsos dan informasi yang bertebaran di internet. Tetapi kenapa aku merasa seolah-olah dipaksa untuk butuh itu semua? Aku pernah menutup/meninggalkan instagram dan facebook juga mengurangi penggunaan Whatsapp beberapa waktu yang lalu. Tidak ada yang berubah. Aku tidak menjadi lebih bodoh, tidak pula menjadi lebih pintar. Sebenarnya aku memang tidak…

Kangen Ngeblog

Kangen nge-blog. Tapi nyelesaian satu materi aja susahnya gini banget. Banyak sekali draft, tapi ngedit dan nyelarasinnya malah lebih susah. Kali ini sih judulnya lagi pemanasan dulu. Lagi di rumah mertua, soalnya, dan gak bawa laptop. Gak bawa buku. Intinya aku gak bawa apa-apa. Mendadak jadi kangen dengan susunan mind map yang udah rapi. Seakan-akan…

Kejutan-Kejutan Istimewa

Gila! Tiba-tiba sudah bulan Juni saja! Gila, sungguh ini… benar-benar gila! Kenapa gila dan kenapa tiba-tiba jika aku menjalani semuanya dengan kesadaran penuh? Tidak lain tidak bukan karena aku mengalami kejutan-kejutan yang istimewa yang datang bertubi-tubi dan menghujani hari-hariku selama 4 bulan terakhir ini. Sejak terakhir kali aku menulis di sini. Dan selama hari-hari ketika…

Bagaimana Aku Menulis

Daripada “Mengapa kamu menulis?” aku lebih suka pertanyaan lain. Pertanyaan itu sudah terlalu mainstream. Tentu saja, ada sekian banyak alasan yang menarik bagi seseorang untuk menulis, dan untuk aku, writing prompt untuk menuliskan alasan-alasan itu… juga sudah terlalu biasa. Ada 6 enam kata dasar yang dapat digunakan untuk bertanya, dari 5W +1H, mengapa Why harus…